Categories : Tumbuh Kembang Anak

 

Pelatihan Motorik Halus Anak dari Permainan Sederhana Murah Meriah

Kemampuan motorik anak dibedakan menjadi 2 yaitu motorik halus dan motorik kasar. Potensi ini bisa dilatih sehingga anak memiliki kemampuan motorik yang baik. Misalnya saja, kemapuan motorik kasar dapat ditingkatkan melalui kegiatan berjalan, berlari, dan gerakan – gerakan besar lainnya. Sedangkan motorik halus bisa ditingkatkan dengan melakukan gerakan – gerakan kecil seperti gerakan jari – jari tangan anak.

Melatih motorik anak sebaiknya dilakukan dengan cara – cara yang sesuai dengan dunia anak. Dunia anak – anak didominasi oleh hal – hal sederhana dan akan terasa menyenangkan jika dikemas dalam bentuk permainan. Permainan – permainan yang bisa digunakan untuk melatih motorik halus anak diantaranya adalah membuat beraneka macam bentuk dengan menggunakan plastisin.

Permainan menciptakan aneka bentuk menggunakan plastisin merupakan kegiatan yang sangat seru bagi anak – anak. Permainan ini bisa menggunakan plastisin dengan berbagai warna. Kegiatan merancang  bentuk menggunakan plastisin ini merupakan suatu perilaku berulang yang mengakibatkan jari – jari anak menjadi sangat aktif sehingga kemampuan motorik halus anak  akan terlatih dengan baik.

Permainan lain yang juga bisa dilakukan untuk melatih motorik halus anak adalah dengan memanfaatkan media menggambar dan mewarnai, atau menebali garis pada gambar. Permainan dengan menggunakan media buku dan alat tulis serta pensil warna ini akan menjadikan anak terlatih motorik halusnya juga daya kreatifitasnya dalam memberikan warna sesuai dengan gambar pada buku mewarna.

Permainan lain yang juga memberikan pelatihan terhadap kemampuan motorik anak dengan melatih daya nalar anak adalah maze. Maze merupakan berupa gambar seseorang yang dihubungkan dengan pilihan jalur jalan dan suatu tempat yang dituju misalnya rumah. Pada permainan yang satu ini anak juga dituntut untuk aktif melakukan gerakan motorik halus untuk memilih jalur yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Permainan lain yang sering dilakukan pada saat lomba agustusan seperti memasukkan jarum ke dalam botol merupakan permainan yang seru untuk dilakukan, permainan ini selain seru dan mengasah anak untuk sabar dan telaten juga mengasah motorik kasar dan halus anak. Jadi, pelatihan motorik halus anak tidak perlu dilakukan dengan barang – barang yang mahal.

Bagikan Jika dirasa bermanfaat, agar lebih banyak yang tahu info ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

%d bloggers like this: