Categories : Tumbuh Kembang Anak

 

mendongeng dengan boneka hewan

Dongeng merupakan salah satu cerita yang menjadi favorit anak kecil pada saat ingin tidur. Orangtua bisa membacakan dongeng melalui buku cerita pada saat anak hendak tidur. Cara orang tua menceritakan dongeng yang isinya merupakan cerita fiktif ini bisa pula dengan memeragakannya melalui boneka mainan.

Menceritakan dongeng dengan menggunakan mainan boneka akan memberikan kesan yang berbeda bagi anak dibandingkan dengan menceritakan dongeng menggunakan buku saja. Proses bercerita dengan memanfaatkan boneka yang digerak – gerakkan oleh orang tua pada saat akan membuat anak merasa sangat senang melihat figur tersebut memainkan peran uniknya sesuai dengan cerita yang dibacakan oleh orang tua.

Menceritakan dongeng dengan menggunakan media boneka tentunya akan membuat anak merasa penasaran dengan cerita yang dibawakan oleh orang tua. Cerita – cerita anak dalam dongeng biasanya memiliki pesan moral yang baik. Pada saat menceritakan dongeng usahakan melakukan penekanan terutama pada sisi pesan moral yang ingin disampaikan oleh cerita tersebut.

Menceritakan dongeng dengan menggunakan boneka sebagai alat peraganya akan membuat anak bisa lebih membayangkan bentuk hewan yang ada pada cerita yang dibawakan oleh orangtua pada malam hari tersebut. Orangtua perlu membeli beraneka macam hewan – hewan yang ada pada cerita yang kan dibawakannya.

Boneka hewan yang dijadikan sebagai alat peraga cerita dongeng juga bisa dimanfaatkan oleh anak untuk bermain pada siang harinya. Cerita dongeng  yang diceritakan oleh orangtua pada malam hari menjelang tidur akan menjadi momen yang membuat anak mudah mengingat – ingat pesan yang disampaikan oleh orang tua karena apa yang diceritakan pada malam hari sesaat sebelum tidur akan membuat hal tersebut mudah direkam pada memori ingatan anak.

Ingatan yang didapatkan dengan cerita – cerita dongeng dengan menggunakan peraga boneka hewan akan lebih mengena pada memori anak sehingga anak akan menjadi semakin ingat pesan moral yang diacakan oleh orang tuanya. Pesan moral tersebut akan senantiasa ada pada memori anak sehingga akan membantu anak menjadi anak yang baik pada saat ia dewasa nantinya.

Bagikan Jika dirasa bermanfaat, agar lebih banyak yang tahu info ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

%d bloggers like this: