Categories : Tumbuh Kembang Anak

 

Kecakapan linguistik merupakan kecakapan yang penting untuk dimiliki oleh seseorang pada waktu kelak ia dewasa dalam berkomunikasi dengan orang – orang di sekitarnya, baik itu dalam hal pekerjaan ataupun dalam hal kehidupan sosial sehari – hari bersosialisasi dengan masyarakat tempat ia tinggal. Kecerdasan linguistik diperlukan pada saat sekolah pada saat pelajaran terutama bahasa Indonesia, serta untuk komunikasi saat presentasi ataupun komunikasi dengan teman.

Melatih kecerdasan linguistik anak bisa dimulai sejak dini pada saat anak mulai bisa berbicara menceritakan sesuatu meskipun belum bisa membaca. Kemampuan anak untuk menceritakan sesuatu akan membuat anak bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang – orang yang ada di sekitarnya sejak ia kecil hingga ia dewasa baik di masyarakat ataupun pada saat kerja dan belajar di sekolah.

Pelatihan kecakapan linguistik bisa dimulai dengan menggunakan buku panggung atau buku pop up pada saat anak sudah bisa memahami cerita dan memahami gambar. Anak yang terbiasa menceritakan segala sesuatu yang dijumpainya pada orangtua akan menjadikan kebiasaan tersebut terbawa hingga dewasa kelak.

Penggunaan buku panggung sebagai sarana untuk melatih kecakapan anak merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan semakin dini pelatihan yang diberikan pada seorang anak maka pondasi yang terbentuk akan semakin kuat.

Pondasi kecakapan linguistik yang baik akan bisa mejadikan anak mudah dalam mempelajarai bahasa pada masa perkembangan berikutnya. Saat anak menggunakan buku panggung untuk menceritakan apa yang dilihatnya di buku media tersbut, maka orang tua harus dengan sabar dan memperhatikan secara seksama apa yang diceritakan anak dengan melihat apa yang ada di buku panggung tersebut.

Selama anak berusaha menceritakan apa yang dilihatnya pada buku panggung sebaiknya orang tua harus selalu memperhatikan dengan seksama dan selalu mengarahkan jika cerita yang anak ucapkan salah agar anak mendapatkan pengetahuan yang benar terutama dari orangtua anak sendiri. Anak yang terbiasa bercerita akan menjadikannya semakin cakap dari kemampuan linguistik serta memiliki keberanian yang baik untuk mengarungi kehidupan sehari – hari di masa mendatang.

Bagikan Jika dirasa bermanfaat, agar lebih banyak yang tahu info ini.

 Posted on : December 9, 2017
Tags :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

%d bloggers like this: