Categories : Tumbuh Kembang Anak

Reviewed By adminbunda - Rating : 5.0
 

manfaat membacakan cerita motivasi untuk anak

Cara mendidik anak salah satunya adalah melalui cerita – cerita yang bisa dimulai sejak janin masih dalam kandungan sang ibu. Mendidik anak juga bisa dilakukan melalui hal – hal yang berbau spiritual seperti berdoa dengan anak, mengaji, dzikir dan lain sebagainya yang juga bisa dilakukan pada saat anak masih dalam kandungan sang ibu.

Cerita – cerita motivasi yang diceritakan bisa berupa kisah – kisah pahlawan Indonesia dalam melawan penjajahan. Pada kisah pahlawan yang melawan penjajah diceritakan bagaimana karakter pahlawan yang baik sehingga bisa dijadikan idola oleh anak. Cerita motivasi juga bisa diambil dari nilai – nilai moral yang baik dari seorang pahlawan.

Cerita yang baik bisa pula diambil dari cerita kesuksesan yang diraih oleh orang – orang yang ada di sekitar anak, seperti saudara yang sukses, ataupun tetangga yang sukses. Cerita yang disampaikan pada anak diupayakan untuk menekankan sisi pembentukan karakter yang baik, seperti motivasi untuk menjadi anak yang rajin, berbakti pada orang tua, jujur, dan lain sebagainya.

Anak yang sering dibacakan cerita oleh orang tuanya juga akan menjadi prinadi yang lebih dekat terhadap orangtuanya secara emosional, sehingga keterikatan batin anak dengan orangtua menjadi lebih dekat. Keterikatan emosional anak dan orangtua yang dekat akan menjadikannya menjadi nyaman dengan orang tua sehingga mereka akan dijadikan figur dan motivasi anak dalam menjalankan kehidupan sehari – hari.

Orang tua selain membacakan cerita – cerita yang memberi motivasi juga perlu untuk menanamkan sikap serta kecerdasan spiritual. Kecerdasan spiritual anak merupakan hal yang sangat penting untuk bisa dimiliki oleh anak. Kecerdasan ini bisa menjadikan anak berhasil meraih kesuksesan baik pada masa kanak – kanak sampai beberapa tahun kemudian di masa mendatang.

Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan yang paling utama menentukan kesuksesan seseorang jika dibandingkan dengan kecerdasan – kecerdasan lainnya. Orang tua sebaiknya melakukian kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan nilai – nilai spiritual dengan anak seperti mengaji bersama, bedoa bersama, dzikir bersama, sehingga akan meningkatkan kecerdasan spiritual anak dan juga meningkatkan ikatan emosional anak dengan orang tua.

Bagikan Jika dirasa bermanfaat, agar lebih banyak yang tahu info ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

%d bloggers like this: